Rabu, 06 Mei 2009

Indahnya Hidup Bertetangga

Kalau ada yang bertanya ke anda siapa saudara atau famili terdekat anda? Pasti jawabnya macam macam, ada yang bila adik, kakak, paman, bibi, dan sebagainya. Tetapi hakekat saudara itu ketika ia yang pertama kali datang ketika kita membutuhkan pertolongan, ikut gembira atas kegembiraan kita juga bersedih atas derita kita.

Maka sebenarnyalah saudara terdekat dala rumah tangga kita adalah TETANGGA. Karena merekalah yang tahu paling banyak atas rumah tangga kita, dan merekalah yang banyak berinteraksi dengan keluarga kita. Kita patut bersyukur bahwa di negeri ini persaudaraan antar tetangga di jaga dengan baik, terutama di perkampungan tradisional juga diperumahan-perumahan.

Ketika keluarga anda sakit atau ada musibah datang, sedang anda sendiri berada jauh dari kampung halaman, sudah pasti tetanggalah yang berpartisipasi aktif, ini kalau kita memang orang yang hidup bertetangga dengan baik. Atau ketika ada keluarga punya hajat atau bahkan ada anggota keluarga yang meninggal dunia, sungguh lama kalau mengurusnya menunggu sanak familinya datang, pasti tetanggalah yang pertama ikut mengurus.

Anda bela mati-matian untuk ngajarin anak anda sopan santun, tutur kata yang baik, juga berperilaku baik. Ketika anda melupakan tetangga anda agar dapat juga mendidik anaknya dengan baik, maka dapat berdampak pada anak anda bisa terpengaruh dengan kosa kata yang nggak karuan akibat pengaruh lingkungan tetangga yang kurang diperhatikan. Bahkan perilaku yang tidak diinginkan seperti tradisi merokok, mengumpat bahkan perilaku negatif yang selebihnya bisa didapat dari pergaulan tetangga yang kurang baik.

Jadi ketika anda melihat tetangga, atau anak tetangga, sudah seharusnya dilihat sebagai keluarga yang paling dekat, karena keadaan keluarga tetangga sangat mepengaruhi kondisi rumah tangga kita. Kalau anda berusaha keras mendidik anak anda dengan baik jangan lupakan pendidikan anak tetangga kita. Atau kalau anda berkecukupan jangan lupakan kondisi tetangga yang kekurangan, atau kalau anda rajin beribadah jangan lupa ajak tetangga dengan cara yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar